PONDOK PESANTREN ABU BAKR ASH-SHIDDIIQ AL ISLAMI

Pondok Pesantren Abu Bakr Ash-Shiddiiq Al-Islami
---upaya mentarbiyah umat menjadi muslim ta'at---

Ma'had Abu Bakr Ash-Shiddiiq terletak di kawasan dataran tinggi Jln. Bukit Teratai Timur Rt 11 Rw 19 Perumnas Sendang Mulyo, Kec.Tembalang Semarang. Berakta Notaris: Sular Utarinarum, S.H. NOMOR  C-543. HT. 03.01.Th: 2002 Tanggal 14 Juli 2008.
















Dalam perjalanan kehidupan kami  berupaya senantiasa mengikhlaskan amal sholih untuk Allah Ta’ala, berupaya mencurahkan tenaga untuk membimbing anak-anak Kaum Muslimin, membekali mereka dengan aqidah shohihah dan ilmu-ilmu diiniyyah serta  mengahafal Al-Qur’an sebagai bekal mengarungi kehidupan yang penuh dengan fitnah Syubhat dan Syahwat. Nas’alulloh At-taufik wa ats-tsabat ‘ala diinil Qoyyimah.

 

VISI DAN MISI PONDOK PESANTREN ABU BAKR AH-SHIDDIIQ AL ISLAMI

Visi:

Tegak dan Tegar dalam menjalani kehidupan di atas landasan dasar Al Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman salaful ummah yaitu generasi Sahabat Nabi rodhiyallohu 'anhum. Tabi'in dan Tabi'ut Tabi'in

Misi:

Amar ma’ruf nahi munkar
Menyeru manusia untuk beribadah hanya kepada semata dan meninggalkan peribadahan pada selain Allah termasuk bahaya fanatisme yang menggiring pada kesyirikan.



Alhamdulilah telah tersedia 3 Jenjang Pendidikan bagi  putra-putri kaum muslimin untuk belajar dan berbekal ilmu syar’i.

1.     .   Tarbiyatul Abna’i(TA) merupakan  bagian dari jenjang Pendidikan Usia Dini.  Lama Pendidikan 2 tahun (Kelas A-B) yang dimulai dari usia 4 tahun. Jenjang TA ini merupakan pondasi awal bagi anak-anak untuk memulai menjadi pribadi yang ‘berilmu’. Membaca dan Menulis  Huruf Arob, Membaca dan  Menulis Huruf Latin, Mengahafal Al-Qur’an, Doa-Doa dan Hadiits Pilihan, Belajar Aqidah, Siroh Para Nabi, Akhlak dan Adab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Arob serta Berhitung Dasar  merupakan rutinitas pelajaran mereka.
2.        Tahfizh Al-Qur’an wa Al-‘Uluum Ad-Diniyyah (Tahfizh) merupakan kelanjutan dari TA. Lama Pendidikan 6 tahun (Kelas 1-6) yang dimulai dari usia 6 tahun. Jenjang Tahfizh ini memfokuskan diri pada Kegiatan Menghafal Al-Qur’an dengan target hafalan 15 Juz. Meskipun fokus dalam halafan Al-Qur’an tetapi santri tetap dibekali ilmu-ilmu diiniyyah seperti Aqidah, Bahasa Arob, Siroh, Hadits, Tajwid,Adab dan akhlak, juga pengetahuan umum: Bahasa Indonesia serta Matematika.
3.       I’dad (Persiapan memahami Bahasa Arob) merupakan Jenjang Pendidikan kelanjutan dari Tahfizh. Lama Pendidikan 3 tahun (Kelas 1-3) yang dimulai dari usia 12 tahun. Jenjang I’dad  ini memfokuskan pada Pelajaran Bahasa Arob bagi Pemula. Materi berupa Kitab Duruus Al-Lugoh Al-Arobiyah, Muyassar, Kitab Tashrif/ ilmu Shorof, Matan Jurumiyyah dll. Meskipun fokus dalam Pelajaran Bahasa Arob tetapi santri tetap menghafal Al-Qur’an, dibekali ilmu diniyyah seperti Aqidah, Tajwid, Akhlak dan Adab.
Semoga hadirnya Ma’had Abu Bakr Ash-Shiddiq memberi manfaat yang besar bagi kaum muslimin dan tak lupa kita selalu bedo’a agar senantiasa istiqomah di jalan yang lurus, di atas sunnah dan islam hingga maut menjemput.

Categories: